Senin, 17 Oktober 2011

Kota Pelabuhan Belawan di Masa Tempoe Doeloe

Belawan adalah sebuah kota pelabuhan di pantai timur laut Sumatera, Indonesia. Terletak di Sungai Deli dekat kota Medan, Belawan adalah pelabuhan tersibuk Indonesia di luar dari Pulau Jawa.
Sebuah layanan kapal ferri reguler menghubungkan Belawan ke seberang Selat Malaka ke Penang, Malaysia; pada suatu waktu feri juga menuju rute dari Belawan ke Satun, Thailand.
Pelabuhan itu awalnya dibangun pada tahun 1890, untuk menyediakan lokasi di mana tembakau dapat ditransfer secara langsung antara jalur kereta api dari interior dan mendalam-draft kapal. Pelabuhan diperluas pada tahun 1907 dengan pembangunan bagian-bagian baru yang dimaksudkan untuk pedagang Cina dan pedagang pribumi, menyediakan pelabuhan yang ada untuk pengiriman orang-orang Eropa.
Pada awal abad kedua puluh bisnis pelabuhan berkembang maju, dengan pertumbuhan karet yang besar dan perkebunan kelapa sawit di Sumatra Utara. Pada 1920-an beberapa fasilitas pelabuhan utama dibangun. Pada tahun 1938, pelabuhan belawan adalah pelabuhan terbesar di Hindia Belanda, dalam hal nilai kargo.
Volume kargo menurun drastis setelah kemerdekaan Indonesia, dan tidak mencapai tingkat pra-kemerdekaan lagi sampai pertengahan 1960-an. Sebuah restrukturisasi besar-besaran pada tahun 1985 melihat pembangunan terminal kontainer, hampir segera ditangkap sekitar seperlima dari ekspor Indonesia kemas. Produk utama diekspor meliputi karet, kelapa sawit, teh, dan kopi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar